Entri Populer

Kamis, 03 Maret 2011

Peraturan dalam DIET


Perhatikan dan lakukan 12 peraturan di bawah ini:
1.     Jangan makan lebih, katakan “tidak” kepada makanan ekstra.Banyak orang tidak tahu apakah ia benar-benar lapar, mungkin saja sebenarnya hanya haus, coba minum1-2 gelas air dulu, dan tunggu 10-15 menit kemudian untuk mengetahui apakah memang Anda lapar atau tidak.Makanlah hanya sampai 80% kenyang.
2.    Makan perlahan.Gigit lebih kecil dan kunyah dengan baik. Jangan sampai sangat lapar sehingga makan dengan cepat dan lahap.Ingat! perlu waktu sekitar 20 menit bagi makanan dalam perut untuk memberi pesan ke otak bahwa Anda sudah benar-benar kenyang.
3.    Bila perlu makanan kecil, cari snack rendah kalori seperti buah apel, pepaya, semangka, atau roti gandum.
4.    Bila makan bersama, sibukkan diri Anda dengan melayani yang lain, jangan berpikir untuk menghabiskan makanan sisa karena takut atau sayang makanannya terbuang. Hindari makanan fastfood, jungkfood atau makana all you can eat.
5.    Bila Anda memasak, hindari banyak mencicipi, pilih masakan yang rendah lemak, baca label makanan dengan baik. Sebagai pedoman, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak total lebih dari 8 gram dan lemak jenuh 3 gram per 100gram makanan. Lebih baik masak dengan cara dikukus, dibakar, direbus, atau dalam microwave, daripada digoreng atau dipanggang.
6.    Hindari alkohol,karena kalorinya tinggi tapi nutrisi lainnya sangat kurang. Minum kopi atau teh tanpa gula, mungkin pada dua minggu pertama rasanya pahit, akan tetapi kelak Anda akan merasakan yang tawar itu juga sedap.
7.    Saling mengingatkan dengan teman atau keluarga untuk makanan yang sehat.
8.    Makan yang seimbang, artinya yang dimakan dan diminum sesuai dengan kalori yang dibutuhkan.
9.    Hindari godaan, jangan banyak camilan di kamar atau tempat kerja. Jangan belanja makanan pada saat Anda lapar.
10.  Pilih makanan kaya serat karena lebih cepat mengenyangkan. Batasi pemakaian garam dalam makanan.
11.   Sehari harus tiga kali makan. Ada orang yang tidak sarapan pagi, bahkan ada yang siangpun tidak makan, tetapi kemudian pada saat kelaparan lalu makan banyak, akhirnya Anda akan gemuk.
Hindari jajan atau cari makan sebelum naik ke tempat tidur.Upayakan setelah jam 8 malam tidak makan lagi. Bila lapar, pilihlah buah apel atau pepaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar